Kamis, 05 Januari 2012

Fungsi Pancasila sebagai Moral Bangsa

Ungkapan Pancasila sebagai moral bangsa bukanlah suatu hal yang berlebihan karena Pancasila mempunyai nilai luhur, norma dan sikap yang bisa dijabarkan menjadi sesuatu yang utuh dan menyatu dalam kepribadian bangsa kita. Dengan Pancasila sebagai moral bangsa diharapkan akan membawa perubahan yang baik bagi bangsa sehingga masyarakat Indonesia akan menjadi pribadi dengan tingkah laku yang baik.
“Dengan penerapan Pancasila sebagai moral bangsa, bangsa kita akan mampu menghindarkan dari dari watak hipokrit yang senang berpura-pura. Sifat ini akan membatasi manusia untuk berbuat jujur dan kebohongan akan membawa negara kita pada kehancuran ini.”
Pancasila adalah dasar negara yang telah dirumuskan dan disepakati oleh pendiri bangsa kita sebagai tujuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, hendaknya semua tingkah laku bisa dijiwai oleh Pancasila yan bulat dan utuh. Pancasila sebagai moral bangsa ini juga mampu memberikan keyakinan pada masyarakat tentang keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam suatu hubungan. Hubungan ini tidak hanya antara kita dan Tuhan tapi juga antara manusia dan manusia serta manusia dan alam. Dengan hubungan baik yang terjalin ini, diharapkan akan mampu untuk mengejar kemajuan lahiriah dan batiniah.
Pancasila sebagai moral bangsa juga diharapkan bisa menjadi tuntutan bagi bangsa kita agar mampu menghindari hal-hal buruk yang akan membawa bangsa kita pada perubahan yang memprihatinkan. Dengan penerapan ini, bangsa kita akan mempunyai manusia-manusia dengan kualitas yang tinggi sehingga Indonesia akan menjadi bangsa yang maju.
Dengan penerapan Pancasila sebagai moral bangsa, bangsa kita akan mampu menghindarkan dari dari watak hipokrit yang senang berpura-pura. Sifat ini akan membatasi manusia untuk berbuat jujur dan kebohongan akan membawa negara kita pada kehancuran ini. Nilai Pancasila yang diterapkan akan membantu anda untuk bersikap tanggung jawab sehingga tidak perlu melemparkan kesalahaan pada orang lain. Selain itu, penerapan Pancasila sebagai moral bangsa juga akan melatih bangsa kita menjadi bangsa yang adil sehingga tidak akan ada perbudakan pada yang lemah oleh yang kuat.
Penerapan Pancasila sebagai moral bangsa ini juga penting dalam membentuk pribadi yang kuat akan keyakinan yang benar dan tidak mudah goyah oleh tekanan dan godaan apapun. Selain itu, penerapan tersebut juga akan membuat kita terhindar dari sifat dengki, cemburu dan juga kurang sabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar